Kamis, 18 Agustus 2016

Tempo.co RSS Feed: Yang Unik dan Terbaru di Festival Lembah Baliem

Tempo.co RSS Feed
Situs Berita Tempo menyajikan liputan berita, video, gambar dan informasi online indonesia seputar bisnis, politik, pemilu, hukum, kriminal, korupsi, saham, ekonomi, internasional, selebritas, sepak bola liga inggris, liga champion, liga itali, liga spanyol, otomotif, pemilihan presiden 
Yang Unik dan Terbaru di Festival Lembah Baliem
Aug 18th 2016, 11:32

Kamis, 18 Agustus 2016 | 18:32 WIB

Yang Unik dan Terbaru di Festival Lembah Baliem

Festival tidak hanya berhenti pada cultural value atau keunikan festival itu.

INFO TRAVEL - Festival Budaya Lembah Baliem makin kesohor di mata dunia. Tercatat, Duta Besar dari Swiss, Italia, Armenia, Hungaria, Bulgaria, Mexico, dan India ikut menyaksikan upacara pembukaan festival tertua yang ada di jantung Papua tersebut pada Senin, 8 Agustus 2016. "Hari ini kami kedatangan tujuh duta besar negara sahabat. Semuanya membawa tim media dari negara masing-masing. Ini menandakan Festival Lembah Baliem sudah mendunia. Tujuh duta besar datang jauh-jauh ke Papua khusus untuk acara ini," ujar Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo.

Acara wajib yang menjadi ciri khas Festival Lembah Baliem tetap dipertahankan. Tarian perang-perangan, bakar batu, lomba tiup alat musik Pikon, yang juga melibatkan turis mancanegara, karapan babi, lempar sege (tombak) yang melibatkan 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya akan tetap ada. "Yang baru adalah atraksi terjun payung TNI AU dari Biak. Nanti pasukan TNI akan membawa bendera Merah Putih dan bendera Festival Lembah Baliem raksasa. Setelah itu disambung tarian kolosal 400 anggota TNI," tutur John.

Dalam jamuan makan malam, para duta besar disuguhi ragam kuliner khas Jayawijaya dan khas Nusantara lainnya. Para tamu akan dihibur paguyuban dari satu kabupaten yang akan menampilkan tarian khas berbagai daerah di Indonesia. Di festival ini ada tarian kolaborasi antara Papua dan India, kerja sama dengan Kedubes India.

Pada festival ini, tidak dikenai tarif tiket masuk, termasuk parkir. Meski gratis, semua pengunjung mendapatkan gelang barcode sesuai dengan standar entry gate pada festival bertaraf internasional. Diharapkan jumlah pengunjung mancanegara maupun domestik terdata.

Festival Budaya Lembah Baliem digelar pada 8-10 Agustus 2016 di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya. Selain penampilan kebudayaan dan kuliner, wisatawan dimanjakan dengan keindahan alam yang liar dan Lembah Baliem yang dipagari pegunungan Trikora. Titik tertinggi adalah Puncak Jaya, satu-satunya tempat di Indonesia yang berselimut es abadi. Selain itu, ada panorama Danau Habema, danau tertinggi di Indonesia . Hal lain yang tak akan bisa dijumpai di tempat lain adalah fenomena air garam di atas gunung dengan ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Festival Budaya Pesona Lembah Baliem. Sebagai festival yang setiap tahun diselenggarakan. Menteri Arief yakin, terus ada perbaikan dan penyempurnaan untuk commercial value-nya. Festival itu tidak hanya berhenti pada cultural value atau keunikannya. Ada paket-paket pariwisata yang mendatangkan turis, baik mancanegara maupun domestik. "Dengan begitu, ekonomi masyarakat ikut terdongkrak karena wisawatan akan membelanjakan dananya di sana," ucap Arief Yahya.(*)

Let's block ads! (Why?)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar