Senin, 22 Agustus 2016 | 12:38 WIB
Trending topic #pesonadanautoba muncul sebelum beragam acara menarik digelar.
INFO TRAVEL - Nama Danau Toba lagi ngehits di dunia maya. Netizen dari seluruh penjuru Indonesia tak henti-hentinya bercuit di twitter. Semua tanpa diminta, tanpa direka-reka, kompak mempromosikan Indonesia lewat hashtag #pesonadanautoba. Hingga Sabtu siang , 20 Agustus 2016, #pesonadanautoba bahkan menempati posisi pertama dalam daftar trending topic twitter nasional.
"Kekuatan media sosial memang dahsyat. Seluruh Indonesia kompak bercuit soal Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Kekuatan kreativitasnya luar biasa," ujar Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar, Sabtu, 20 Agustus 2016.
Trending topic #pesonadanautoba ini muncul sebelum beragam acara menarik digelar. Sebelum Slank tampil, sebelum panggung terapung nan megah dipertontonkan, sebelum permainan lighting dan sound system yang menggelegar diperlihatkan, #pesonadanautoba sudah lebih dulu berkibar.
Agenda akbar ini memang memancing perhatian berbagai kalangan. Para jurnalis, turis, hingga peneliti, semuanya kompak mengarahkan sorotan ke Danau Toba. Beragam persiapan dan kemolekan panorama Danau Toba ini pun diabadikan ke dalam video dan foto-foto. Hasilnya, langsung membanjiri laman sosial twitter, facebook, youtube, serta instagram.
Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Asnawi Bahar ikut senang. "Promosi pariwisata Danau Toba ternyata dibantu jutaan netizen dari seluruh penjuru negeri. Masif sekali, dan impact-nya pun sangat besar," kata Asnawi.
Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar Dadang Rizky juga terperanjat melihat respons di lapangan yang sangat kuat. "Ini promosi gratis dan sangat efektif. Sekarang dunia jadi makin tahu tentang keindahan Danau Toba dan wilayah di sekitarnya. Terimakasih netizen," ucapnya.
Menpar Arief Yahya, yang langsung membuka Konser Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun, berterimakasih kepada para panitia pelaksana (panpel) yang event-nya menjadi bahan perbincangan netizen di media sosial. Ia menambahkan, selain #pesonadanautoba, #PrambananJazz yang sama-sama didukung Kemenpar melalui branding Pesona Indonesia juga ikut menjadi trending topic di sosial media. "Selamat, menjadi trending topic," kata Arief Yahya. (*)
Let's block ads! (Why?)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar