Selasa, 02 Agustus 2016

Tempo.co RSS Feed: Harum Bunga Tomohon Bakal Mendunia

Tempo.co RSS Feed
 
Harum Bunga Tomohon Bakal Mendunia
Aug 2nd 2016, 10:46

Selasa, 02 Agustus 2016 | 17:46 WIB

Harum Bunga Tomohon Bakal Mendunia

Pesona luar biasa akan dihadirkan dalam Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 pada 8-12 Agustus 2016.

INFO TRAVEL - Tak perlu jauh-jauh ke Pasadena kalau hanya sekadar menyaksikan pawai mobil berhias bunga hidup. Siapkan tiket dan akomodasi via Manado, lalu jalan darat ke Kota Tomohon, Sulawesi Utara, 8-12 Agustus 2016. Ada pesona yang tak kalah hebatnya di sana, Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016. "Saya senang, laporan tahun 2016 ini lebih banyak negara yang ikut dalam arak-arakan festival bunga Tomohon," kata Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Pesertanya ada yang berasal dari Tiongkok, Australia, New Zealand, Hongkong, Rusia, Amerika, Perancis, Thailand dan Filipina. Karena itu, acara ini pasti seru. Namanya juga pawai, pasti akan menjadi ajang selfie dan pengambilan video oleh masyarakat. Apalagi momentum ini hanya setahun sekali. "Jangan lupa up load di media sosial, promosikan keindahan Tomohon, foto-foto, video dan destinasi wisata yang ada," ujar Arief Yahya.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman menambahkan acara ini bakal jadi tontonan gratis bagi masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara yang berlibur ke Tomohon. Festival berskala internasional ini akan menghadirkan banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Target Sulawesi Utara untuk wisatawan mancanegara sekitar satu juta. "Tomohon optimis bisa meraih 10 persennya lewat Festival Bunga Tomohon ini," ucapnya.

Kata Jimmy, perhelatan ini juga akan berdampak baik dan besar bagi Tomohon dan masyarakatnya. "Imbas positifnya adalah berdampak luas bagi perekonimian, jasa dan barang di kota kami," ujar Jimmy optimis.

Dari laporan panitia, imbuh Jimmy, kehadiran peserta mancanegara tahun ini memang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Negara-negara itu sudah memiliki desain sendiri dari mereka sendiri, termasuk beberapa bunga khasnya yang hanya ada di Tiongkok, Australia, New Zealand, Hongkong, Rusia, Amerika, Perancis, Thailand dan Filipina.

Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak bersama petinggi TNI serta Pemkot Tomohon, memimpin rapat koordinasi untuk mempersiapkan acara ini di Aula Mapolres, Jumat, 29 Juli 2016. Menurut Monang, dalam event nanti yang harus diperhatikan serius adalah arus lalu lintas kendaraan, sehingga semuanya harus ditata sebaik mungkin. "Jika tidak ditangani dengan baik,  akan terjadi kemacetan di berbagai lokasi. Jadi kita harus buat nyaman wisatawan," ujar Monang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon Mariam Rau menyampaikan Tomohon International Flower Festival diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan destinasi-destinasi wisata di Kota Tomohon. Semakin banyak promosi yang dilakukan, wisatawan semakin tahu potensi wisata yang tidak kalah menarik dibanding daerah lain.

Persiapan lain yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tomohon adalah menggelar road show  secara rutin ke beberapa mall besar di Batam. Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli mengatakan kota Batam dipilih karena berdasarkan label Great, Batam  termasuk dalam 3 greaters  (Jakarta, Bali dan Batam) oleh Kementerian Pariwisata, sebagai barometer kunjungan wisata terbesar di Indonesia.

Wakil Walikota Tomohon Syerly Sompotan  berharap perhelatan ini menjadi ajang yang efektif dan efisien dalam memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata Kota Tomohon beserta industri pendukungnya, serta dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat terkait usaha ekonomi kreatif, dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan SDM.

Kota Tomohon berada 22 kilometer dari Manado. Kota ini dikenal sebagai penghasil bunga. (*)

Let's block ads! (Why?)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar