Selasa, 30 Agustus 2016

Tempo.co RSS Feed: Gubernur Ridho: Jadikan Lampung Destinasi Unggulan

Tempo.co RSS Feed
Situs Berita Tempo menyajikan liputan berita, video, gambar dan informasi online indonesia seputar bisnis, politik, pemilu, hukum, kriminal, korupsi, saham, ekonomi, internasional, selebritas, sepak bola liga inggris, liga champion, liga itali, liga spanyol, otomotif, pemilihan presiden 
Gubernur Ridho: Jadikan Lampung Destinasi Unggulan
Aug 30th 2016, 15:16

Selasa, 30 Agustus 2016 | 22:16 WIB

Gubernur Ridho: Jadikan Lampung Destinasi Unggulan

Sukes perhelatan Festival Krakatau memacu keinginan Gubernur Ridho menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata unggulan.

INFO TRAVEL - Perhelatan Lampung Krakatau Festival pada 24 – 28 Agustus 2016 yang terbilang sukes tidak membuat jumawa lantas berpangku tangan. Mata dunia pun mulai melirik ke wilayah di ujung provinsi Sumatera itu. Tapi, Pemerintah Provinsi Lampung terus berbenah diri guna menumbuhkembangkan sektor pariwisata di masa mendatang.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengungkapkan, festival budaya tahunan untuk memperingati meletusnya Gunung Krakatau pada 1883 tersebut justru menandai dimulainya upaya memajukan sektor pariwisata di Lampung. Melalui tagline 'Lampung The Treasure of Sumatra', dirinya ingin menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata unggulan nasional.

"Silahkan datang dan berkunjung ke Lampung. Banyak kekayaan alam dan budaya luar biasa yang dapat dinikmati wisatawan asing maupun nusantara,'' ujar Ridho usai menutup Lampung Krakatau Festival, Minggu, 28 Agustus 2016.

Diakui Ridho, ajang tersebut menuai peningkatan kunjungan wisatawan nusantara mencapai rata-rata 30 persen dan wisatawan mancanegara 28 persen sejak tahun 2012. Begitu pula jumlah hotel, meningkat cukup signifikan, sebesar 20 persen sejak tahun 2014. "Di 2016 kami targetkan ada pertumbuhan 7 juta hingga 8 juta kunjungan wisatawan dibanding 2015," tambahnya.

Menurut Gubernut berusia 36 tahun itu, pihaknya sudah siap memperbaiki infrastruktur pariwisata. Salah satu target yang bakal digeber adalah pembangunan terminal pelabuhan kapal pesiar untuk mendukung pengembangan potensi wisata berbasis laut. "Lampung, kaya sekali dengan wisata bahari,'' imbuh Ridho.

Dengan puluhan tempat wisata yang menonjolkan kekayaan alam, pihaknya berkomitmen menjaga kelestarian alam dengan konsep ecotourism. Dengan begitu, kekayaan alam di Lampung dapat menjadi destinasi wisata yang dapat dinikmati secara berkelanjutan sekaligus tetap terjaga keseimbangannya.

Penyelenggaraan Lampung Krakatau Festival 2016 berlangsung di lima titik dengan lima tema yang berbeda. Beberapa rangkaian kegiatan ialah Jelajah Pasar Seni di Mall Beomi Kedaton, Jelajah Layang-Layang di PKOR Way Halim serta Jelajah Rasa di Lapangan Saburai. Rangkaian kegiatan ini juga dilengkapi dengan Jelajah Krakatau di Anak Gunung Krakatau, Lampung Selatan dan ditutup dengan Jelajah Semarak Budaya di Tugu Adipura.

Pada penutupan festival yang diadakan di Tugu Adipura, Bandar Lampung, banyak wisatawan lokal maupun asing menikmati parade kekayaan budaya Lampung dan Nusantara dengan tema " Topeng Lampung". Sebanyak 1.500 peserta menggunakan topeng mendapatkan Rekor Muri. Pawai kendaraan hias diikuti oleh 15 Kabupaten/Kota dengan berbagai gambar mulai dari ayam, burung dan juga keindahaan bawah air (lautan).

"Tahun sebelumnya acara dipusatkan di Rumah Dinas Gubernur. Acara untuk tahun ini kita pusatkan di Tugu Adipura, agar lebih banyak disaksikan masyarakat karena Festival Krakatau adalah milik masyarakat Lampung," ujar Ridho. (*)

Let's block ads! (Why?)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar