Selasa, 23 Agustus 2016

Tempo.co RSS Feed: Festival Erau, Tingkatkan Jumlah Turis ke Tenggarong

Tempo.co RSS Feed
Situs Berita Tempo menyajikan liputan berita, video, gambar dan informasi online indonesia seputar bisnis, politik, pemilu, hukum, kriminal, korupsi, saham, ekonomi, internasional, selebritas, sepak bola liga inggris, liga champion, liga itali, liga spanyol, otomotif, pemilihan presiden 
Festival Erau, Tingkatkan Jumlah Turis ke Tenggarong
Aug 23rd 2016, 10:46

Selasa, 23 Agustus 2016 | 17:46 WIB

Festival Erau, Tingkatkan Jumlah Turis ke Tenggarong

Festival Erau imengangkat nama Kukar dan Kaltim di seluruh dunia.Nanti akan lebih kuat untuk membangun brand Kutai.

INFO TRAVEL - Tanggal 20-28 AGustus ini  Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar perhelatan besar yang akrab dikenal sebagai Festival Erau 2016. Berbagai upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, pentas seni dan budaya, lomba olahraga tradisional, lomba perahu naga, lomba perahu motor, expo dan pesta rakyat, digelar sangat meriah di Tenggarong, ibukota kabupatennya,

Festival ini juga dikenal karena kebudayaan Kukar ini cukup dikenal dalam sejarah. Dikenal juga sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1300.

Menteri pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya mengapresiasi pentas Festival Erau 2016 tersebut. Arief hanya mengingatkan agar gebyar event yang sudah direncanakan sejak lama itu dipublikasikan dengan baik. "Idealnya, biaya  promosi melalui media itu 50 persen dari biaya operasional festival sendiri," kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata di Jakarta.

Mengapa? Sebuah event, seperti festival itu memiliki dua impact, yakni direct impact dan indirect impact. Yang disebut dengan direct impact adalah, pengaruh langsung dari event itu kepada sosial ekonomi masyarakat. Dampak langsung ini biasanya tidak sebesar indirect impact, maksimal hanya 30 persen saja. "Sisanya, yang 70 persen adalah media value, yang membuat Festival Erau itu mengangkat nama Kukar dan Kaltim di seluruh dunia. Itu ke depannya akan lebih kuat untuk membangun brand Kutai," jelas Arief Yahya, yang ahli marketing dan digital itu.

Kesultanan Kutai adalah kesultanan bercorak Islam yang didirikan oleh Aji Batara Agung Dewa Sakti di Kutai Lama. Kerajaan itu berakhir pada 1960. Menurut Bupati Kukar Rita Widyasari, bersamaan Festival Erau juga digelar Festival Seni Tradisi Internasional yang diikuti negara-negara anggota CIOFF (International Councl of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts). Erau sendiri pertama kali dilaksanakan pada upacara tijak tanah dan mandi ke tepian ketika Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Setelah dewasa dan diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama (1300-1325), juga diadakan upacara Erau. Sejak itulah Erau selalu diadakan setiap terjadi penggantian atau penobatan Raja-Raja Kutai Kartanegara.

Dalam perkembangannya, upacara Erau selain sebagai upacara penobatan raja, juga untuk pemberian gelar dari raja kepada tokoh atau pemuka masyarakat yang dianggap berjasa terhadap kerajaan. Dalam upacara Erau ini, sultan serta kerabat keraton lainnya memberikan jamuan makan kepada rakyat dengan memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya sebagai tanda terima kasih sultan atas pengabdian rakyatnya.

Erau sebagai upacara adat Kutai dalam usaha pelestarian budaya dari Pemda Kabupaten Kutai baru diadakan pada 1971 atas prakarsa Bupati Kutai saat itu, Drs.H. Achmad Dahlan. Upacara Erau dilaksanakan 2 tahun sekali dalam rangka peringatan ulang tahun kota Tenggarong yang berdiri sejak 29 September 1782.

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Putu Ngurah mengatakan, Kemenpar memberikan apresiasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan even-even menarik di Tanah Air  yang dapat mendatangkan kunjungan wisatawan, di antaranya EIFAF ( Erau Adat Kutai International Folk Art Festival) yang sudah berjalan cukup lama  dan menjadi even unggulan masyarakat Kukar. "Even EIFAF menjadi magnet yang kuat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kukar yang tahun lalu sebanyak  1.450.748 orang atau naik dua digit," kata Putu Ngurah (*)

Let's block ads! (Why?)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar