Minggu, 21 Agustus 2016

Tempo.co RSS Feed: Tiga Buaya Air Asin Jadi Daya Tarik Wisata Ujunggenteng  

Tempo.co RSS Feed
Situs Berita Tempo menyajikan liputan berita, video, gambar dan informasi online indonesia seputar bisnis, politik, pemilu, hukum, kriminal, korupsi, saham, ekonomi, internasional, selebritas, sepak bola liga inggris, liga champion, liga itali, liga spanyol, otomotif, pemilihan presiden 
Tiga Buaya Air Asin Jadi Daya Tarik Wisata Ujunggenteng  
Aug 21st 2016, 10:36

Minggu, 21 Agustus 2016 | 17:36 WIB

Tiga Buaya Air Asin Jadi Daya Tarik Wisata Ujunggenteng  

Ilustrasi buaya. Sxc.hu/Sias van Schalkwyk

TEMPO.COJakarta - Kemunculan tiga buaya air asin di Pantai Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan menjelang pelaksanaan Festival Geopark Ciletuh pada 27-28 Agustus 2016.

"Tiga buaya air asin (laut) ini tidak berbahaya karena sudah menjadi habitatnya di sini. Karena, tidak jauh dari Pantai Ujunggenteng terdapat hutan lindung. Bahkan kemunculan buaya ini menjadi daya tarik wisatawan," kata Koordinator Wilayah Selatan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi Dadang Hermawan, Minggu, 21 Agustus 2016.

Menurut Dadang, tiga buaya tersebut sudah hidup puluhan tahun di wilayah Kecamatan Ciracap. Untuk ukurannya, satu ekor mencapai 5 meter dan dua lagi sekitar 4 meter.

Buaya tersebut muncul pada waktu-waktu tertentu atau saat musim ikan. Biasanya reptil itu muncul di Pantai Serwan dan Batu Mandi. Namun, untuk beberapa hari terakhir ini, satu dari tiga buaya tersebut muncul di Dermaga Ujunggenteng di Kecamatan Ciracap.

Kemunculan buaya ini tidak membuat panik warga sekitar, melainkan menjadi obyek wisata bagi para pengunjung. Karena kemunculan buaya ini tidak setiap saat, kemunculannya merupakan hal yang langka.

"Walaupun buaya merupakan hewan pemangsa, tiga buaya ini tidak pernah melukai siapa pun, apalagi sampai menelan korban jiwa. Bahkan penyelam lokal dan nelayan kerap berdampingan dengan buaya ini," tuturnya.

Dadang mengatakan warga atau wisatawan yang ingin melihat buaya tersebut disarankan segera datang ke Pantai Ujunggenteng karena tidak tahu kapan tiga buaya tersebut muncul ke permukaan seperti ini.

Selain buaya, ada hewan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, tapi kemunculannya tidak bisa dijadwal. Hewan tersebut adalah hiu bentang, yang memiliki panjang sekitar 15 meter.

"Maka itu, kami mengimbau siapa pun jangan mengganggu hewan itu, apalagi sampai merusak habitatnya. Empat hewan berukuran besar ini bukan gaib, melainkan nyata dan bisa dilihat siapa saja," katanya.

ANTARA

Let's block ads! (Why?)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar