Sabtu, 10 September 2016

Tempo.co RSS Feed: Pesona Unik Pusaka Indonesia Festival 2016

Tempo.co RSS Feed
Situs Berita Tempo menyajikan liputan berita, video, gambar dan informasi online indonesia seputar bisnis, politik, pemilu, hukum, kriminal, korupsi, saham, ekonomi, internasional, selebritas, sepak bola liga inggris, liga champion, liga itali, liga spanyol, otomotif, pemilihan presiden 
Pesona Unik Pusaka Indonesia Festival 2016
Sep 10th 2016, 12:08

Sabtu, 10 September 2016 | 19:08 WIB

Pesona Unik Pusaka Indonesia Festival 2016

Promosi pariwisata harus menyeimbangkan culture value dan commercial value.

INFO TRAVEL - Lagi, Kota Malang, Jawa Timur bakal menebarkan pesona pariwisata. Daerah dengan ragam destinasi unggulan ini akan menggelar Pusaka Indonesia Festival 2016, pada 18 - 24 September 2016.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur Jarianto mengatakan, perhelatan industri pariwisata tersebut dikemas secara unik, menggabungkan antara literasi dan kebudayaan yang dinamis dengan tetap menampilkan nilai seni tradisional, kontemporer serta modern. "Dipastikan akan banyak acara menarik di pagelaran ini," ujarnya.

Pusaka Indonesia Festival 2016 merupakan hasil kolaborasi apik antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Malang, Badan Pelestarian Pusaka Indonesia, dan berbagai komunitas seni budaya di tanah air.

Nantinya, wisatawan bisa menyaksikan serangkaian sarasehan, Literasi Singhasari bagi penulis, akademisi, sejarawan, arkeolog, jurnalis, pelajar, mahasiswa dan pengamat budaya serta pemerintah. "Semua dilakukan melalui ruang dialog yang dikemas secara menarik," papar Jarianto.

Selain itu, digelar Festival Panji. Kegiatan ini, akan menghibur pengunjung dalam waktu sepekan pementasan seni budaya yang menampilkan berbagai kisah panji. "Pertunjukan ini dibawakan oleh para seniman dari berbagai negara Asia. Jadi sangat baik juga untuk menarik wisatawan mancanegara," bebernya.

Jarianto mengungkapkan, latar belakang Pusaka Indonesia Festival 2016 adalah menjadikan Kabupaten Malang sebagai pusat pembelajaran bagi berbagai kalangan untuk menggali nilai-nilai warisan budaya Bangsa.

Kegiatan tersebut, diyakini mampu meningkatkan rasa cinta kepada warisan seni dan budaya. "Ini akan menjadi daya tarik pariwisata di Malang, Jawa Timur untuk mendukung target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2019," ucapnya.

Pusaka Indonesia Festival 2016 mencakup tiga sub festival, yaitu: Temu Pusaka Indonesia, Literasi Singhasari dan Festival Panji (lebih lengkap lihat grafis). Temu Pusaka Indonesia merupakan serangkaian kegiatan yang didedikasikan untuk menggali dan membumikan nilai luhur Bangsa Indonesia. "Pada Pusaka Indonesia Festival 2016, kami  menargetkan 18.000 wisatawan nusantara dan 2.700 wisatawan mancanegara," imbuhnya.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menyebut, konten kegiatan ini sebenarnya lebih bernuansa kebudayaan, belum mengarah pada commercial value. Tapi, kegiatan ini juga bisa menghadirkan  wisatawan lokal dan mancanegara khususnya pemerhati budaya dan antropolog. "Promosi pariwisata selalu dilihat dari dua sisi, yaitu cultural value dan commercial value. Keduanya harus balance, ada manfaat culture dan nilai keekonomian," ucap Arief Yahya mengingatkan. (*)

Let's block ads! (Why?)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our polices, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar