Minggu, 13 September 2015

Siap-siap, Sail Tomini 2015 Akan Digelar Pekan Depan!

Jakarta - Perhelatan akbar tahunan Sail Indonesia akan kembali digelar dengan nama Sail Tomini 2015. Event internasional ini akan diselenggarakan pada 19 September 2015 di wilayah provinsi Sulawesi Tengah yang disebut sebagai jantung terumbu karang dunia. 

Puncak acara event Sail Tomini 2015 akan dilangsungkan di Kabupaten Parigi Moutong yang memiliki garis pantai terpanjang di Teluk Tomini. Hampir semua bagian Parigi Moutong berada di pesisir Teluk Tomini.

"Keindahan Teluk Tomini bisa dinikmati dari hampir semua bagian atau kecamatan di Parigi Moutong, selain itu kawasan Teluk Tomini adalah jantung segitiga karang dunia (coral triangle). Memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan karakteristik ekosistem unik, juga indah. Teluk tersebut memiliki luas terumbu karang 1.031 hektare dan luas hutan mangrove 785.10 hektare," papar Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu, dalam siaran pers yang diterima detikTravel, Minggu (13/9/2015).

Dengan segala sumber daya alamnya, Teluk Tomini dinilai memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang berlimpah bagi pengembangan wisata bahari yang menawarkan keunikan, keindahan dan kenyamanan. Kawasan Teluk Tomini juga mempunyai posisi geostrategis yang baik. Dengan didorongnya potensi perikanan dan kelautan, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Provinsi Sulawesi Tengah khususnya kabupaten Parigi Moutong mempunyai potensi yang sangat besar di bidang pariwisata unggulan dunia. Oleh karena itu, event Sail Tomini akan dimanfaatkan sebagai momentum dalam mengaktualisasikan semangat sebagai gerbang utama pariwisata," ujarnya.

Sail Tomini 2015 kali ini mengangkat tema “Mutiara Khatulistiwa Untuk Kehidupan Masa Depan”. Dengan mengusung tema tersebut diharapkan Sail Tomini 2015 dapat menghasilkan multiplier effect kepada daerah maupun bangsa dan negara. 
"Utamanya dalam mengembalikan kejayaan maritim masa lalu sehingga Bangsa Indonesia bisa berdaulat baik di darat maupun di laut," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar